Minggu, 11 April 2010

Ekonomi Perikanan

Pembangunan nasional Indonesia merupakan serangkaian program pembangunan yang menyeluruh dan terpadu pelaksanaannya, yaitu pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama rakyat yang hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh negara. Perubahan kondisi perekonomian nasional Indonesia yang terjadi dewasa ini mengakibatkan pembangunan tersebut mengalami hambatan baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Hambatan tersebut terjadi pada segala bidang baik politik, ekonomi, maupun sosial bahkan mengarah pada ideologi. Hambatan terbesar adalah pada bidang perekonomian itu sendiri, sehingga mengharuskan kita meninjau kembali sistem dan kinerja (restrukturisasi) yang selama ini berjalan. Hasilnya adalah perlu adanya evaluasi dan pembaharuan sistem kerja yang mendukung kemajuan pemulihan perekonomian tersebut secara nasional.
Pembaharuan yang diharapkan pada sektor-sektor ekonomi menyangkut masalah efisien dan inovasi. Sebagai contoh sektor pertambangan yang semula dikuasai dan dikelola oleh pemerintah sekarang dapat dikelola oleh swasta asing. Sektor industri yang dulu dikuasai oleh beberapa pemodal besar sehingga membentuk monopoli, sekarang tidak lagi dengan menjamurnya industri kecil dan menengah. Pembaharuan juga merambah sektor perikanan, sektor perdagangan, sektor jasa dan sektor-sektor lainnya.
Sebagai sektor yang banyak diusahakan masyarakat luas di Indonesia, sektor perikanan mempunyai peranan yang penting dalam pemulihan perekonomian kita karena selain dari pariwisata dan minyak bumi, hasil perikanan dari Indonesia banyak yang diekspor dan menghasilkan devisa. Sehingga perlu diadakan efisiensi dan inovasi pada sektor ini, apalagi ditunjang dengan penggunaan technologi baru yang tentunya meningkatkan hasil produksi dan keuntungan. Dilain pihak sektor perikanan merupakan sumber pendapatan dan lapangan kerja utama sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pesisir pantai.
Indonesia merupakan salah satu negara maritim terkaya di dunia. Sebagian besar wilayah negara ini merupakan hamparan laut dengan segala potensi yang ada di dalamnya. Luas laut yang dimiliki Indonesia menjadi sebuah aset yang sangat berharga dan berguna bagi masa depan bangsa. Pengelolaan laut secara terpadu dan sistematis adalah suatu hal yang mutlak dilakukan. Oleh karena itu, potensi-potensi laut tidak akan termanfaatkan dengan optimal apabila masih dikelola dengan cara-cara konvensional tanpa program terencana.
Perkembangan perikanan di Indonesia diperoleh dengan modernisasi dan peningkatan hasil dan upaya pada perikanan pantai, lepas pantai, dan samudera. Pembangunan perikanan pada umumnya diarahkan pada peningkatan kontribusi dalam menunjang terciptanya perikanan yang maju dan tangguh, dalam rangka mewujudkan struktur ekonomi yang seimbang. Pembangunan perikanan diarahkan dalam bentuk serangkaian upaya pemanfaatan potensi sumberdaya perikanan seoptimal mungkin dengan meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.
Perikanan merupakan suatu kegiatan perekonomian dimana manusia mengusahakan sumber daya alam perikanannya secara lestari guna mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan umat manusia. Sumber daya alam biologis termasuk hasil ikannya dimanfaatkan secara biologis (guna memenuhi kebutuhan gizi) oleh manusia dengan memelihara keseimbangan alam, dengan menggunakan ilmu dan teknologi secara ekonomis, efisien dan produktif.
Industri perikanan merupakan industri padat karya yang tergolong industri kecil dan menengah. Industri sektor ini terbukti dapat tetap eksis dalam kondisi resesi ekonomi yang panjang dan berpeluang besar menggerakkan roda ekonomi nasional. Pembangunan perikanan yang berazaskan pembangunan perikanan berkelanjutan (sustainable development) dilaksanakan melalui pendekatan kewilayahan dengan menumbuhkan sentra-sentra industri/ekonomi. Dalam mewujudkan pembangunan ekonomi, institusi sektor kelautan dan perikanan harus dapat berperan sebagai promotor pembangunan sektor kelautan dan perikanan.
(more.....tentang ekonomi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar